Mengapa Kita Harus Menanam Pohon Mulai dari Sekarang?

12715338_10204047393705697_3298797188425685526_n

Inilah alasan dibalik kampanye Hari Bumi 2016 yang mengusung tema “Trees for Earth” dan menargetkan penanaman 7,8 miliar pohon hingga 2020 mendatang.”

Planet kita saat ini kehilangan lebih dari 15 Miliar pohon setiap tahun (setara dengan 48 lapangan sepak bola setiap menit).  Padahal, keberadaan pohon-pohon sangat vital bagi planet kita. Kenyataan tersebut mendasari tema Hari Bumi 2016, “Trees for the Earth”. Kampanye kali ini menargetkan penanaman sebanyak 7,8 milyar pohon untuk Bumi hingga tahun 2020 mendatang.

Mungkin, banyak di antara kita yang bertanya-tanya, mengapa kita harus menanam pohon sebanyak itu mulai dari sekarang? Dengan penanaman 7,8 miliar pohon, kita akan berkontribusi terhadap tiga tujuan utama:

Penanaman pohon dapat menyerap CO2 yang berlebih dan berbahaya dari atmosfer kita. Dalam satu tahun, dibutuhkan sekitar 96 pohon untuk menyerap jumlah CO2 yang dihasilkan oleh satu orang. Pohon juga menyerap bau dan gas polutan seperti nitrogen oksida, amonia, sulfur dioksida dan ozon, serta menyaring partikulat-partikulat dari udara menggunakan daun dan kulit mereka.

Dengan menanam pohon yang tepat, kita dapat membantu menangkal hilangnya spesies, serta memberikan peningkatan habitat bagi satwa-satwa di hutan lokal. Penanaman pohon membantu masyarakat mencapai keberlanjutan ekonomi dan lingkungan jangka panjang, menyediakan makanan, energi dan pendapatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s