Membuang Sampah Sembarangan Lewat Jendela Mobil

Pagi ini ketika melakukan perjalanan kesuatu tempat karena tututan kerja. Banyak hal yang di temui sepanjang jalan. Kali ini saya menemukan dan bahkan bukan saat ini saja. Sangat sering hal seperti itu saya temukan atau mungkin teman2 pernah juga melihat kejadian seperti itu.

Apa sih yang dimaksud??? Penasaran ya. 

Memang kelihatannya kecil tapi ini bukan masalah kecilnya hanya saja masalah kesadaran dan miskinnya kepedulian terhadap lingkungan. Yang saya maksud adalah prilaku para pengendara baik mobil maupun motor yang selalu berulah membuang sampah sembarangan lewat jendela mobil nya di jalan raya. Jalan raya seolah olah bak sampah yang tak terhingga besar nya.

Saya mempunyai kebiasaan saat melakukan perjalanan yaitu selalu menyiagakan kamera. Kali ini ulah orang dari mobil mewah tertangkap kamera saya sedang membuang sampah di jalan raya. Mungkin jika teman2 melihat seperti ini memiliki sikap yang berbeda entah itu biasa saja atau mungkin sama dengan saya sangat geram.

img_5032
Kelakuan pemilik mobil

Ya kalau kita lihat orang seperti ini apa ya yang ada di otaknya. Padahal harga bak sampah mini tidak mahal-mahal amat, malah lebih mahal harga cuci mobil nya.

Bukan hanya buang sampah yang ng jelas. Selain itu ketika saya melakukan perjalan kalau ini beda, perjalannya ya menikmati pulau Lombok yang indah dengan menggunakan sepeda motor. Kejadiannya seperti ini. Pas di jalan raya tepatnya di wilayah perbatasan Lombok Timur dengan Lombok Tengah. Ada sebuah mobil tergolong mewah juga. Terlihat dari motor yang saya kendarai jendela mobilnya terbuka dan sedikit berasap. Pengendara dan seisi mobil sedang menikmati asap rokok nya. Tiba-tiba entah sadar atau tidak mereka membuang putung rokoknya sembarangan dan mengenai saya. Spontan saya mengerem untungan kondisi jalan tidak begitu ramai. Bayangkan yang di buang puntung rokok yang masih menyala mengenai baju. Alhasil jaket yang saya gunakan menjadi bolong untung nya ” ya masih aja untung” tidak mengenai kulit. Satu hal yang bisa kita petik selain merusak lingkungan dengan membuang sampah sembarangan di jalan raya juka bisa memicu kecelakaan bagi orang lain, ini dosanya berganda.

Kalau orang seperti ini kira-kira punya otak atau bagaimana? Saya tidak perlu membahas mengenai otaknya tapi saya mau memberikan info buat teman2 mengenai dampak dari membuang sampah sembarangan bukan hanya bagi pengendar baik mobil maupun motor. Apa salahnya jika kita bisa atau memiliki keinginan menikmati lingkungan yang bersih.

Perilaku hal seperti ini mungkin setiap hari kita lihat. Membuang sampah sembarangan bisa menimbulkan berbagai masalah mulai dari kesehatan hingga perkelahian atar masyarakat maupun kampung. Sudah banyak kejadian yang diakibatkan oleh tindankan bodoh orang-orang yang mebuang sampah sembarangan.

Pertanyaan yang saya ajukan seperti ini “kira-kira sampai kapan kesadaran itu datang ?”. sebenarnya hanya sebuah kesadaran yang bisa menjawab hal tersebut. Saya yakin teman2 yang mengunjungi blog saya pasti punya pendapat sama dengan saya. Saatnya kita memulai dari diri kita untuk selalu peduli terhadap lingkungan kita. Memang kecil tapi jika ribuan orang tidak peduli menganggap sepele, ya tinggal di kalikan saja jika mereka yang kurang peduli membuang sampah sembarangan, misal tiap orang satu kilo saja dikali kan seribu orang. Ini untuk satu hari bayangkan jika yang di buang lebih dari itu dan yang membuah lebih dari itu juga. Perhitungan ini hanya sehari bisa kita bayangka jika satu bulan.

Kalau saya beranggapan membuang sampah sama halnya dengan meracuni orang-orang di sekitar. Berarti pelakunya termasuk melukan kejahatan yang sangat keji. Semoga kita orang yang cinta terhadap lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s