Belajar Menulis

blog

Belajar Nulis

Ide menjadi alasan klasik bagi para bloger untuk tidak menulis. Alasan tidak punya ide sebenarnya suatu hal yang dianggap tidak masuk akal. Padahal ide itu bisa saja didapatkan dari sekitaran kita. Dari baru bangun tidur hingga tidur lagi banyak hal yang kita lalui. Dari perjalanan aktivitas kita ide itu bisa saja muncul. Ini merupakan masukan dari salah satu blogger yang blog nya selalu saya kunjungan.

Lewat cuplikan video yang di unggah di situs ternama (youtube) daeang ipul memberikan beberapa masukan bagi para blogger terutama bagi pemula kayak saya ini. Saya sebenarnya mulai menekuni blog sejak 2010 akan tetapi terkendala karena ada sesuatu dan lain hal hingga lupa pasword segala. Maklum sudah lama tidak berkunjung ke buku diary elektornik yang saya miliki.

Dalam video yang berdurasi enam menit kurang 10 detik ini memberikan kita masukan mengenai dari mana ide itu berasal, menurut penuturan Daeng ide itu sebenarnya ada di depan mata kita hanya saja kita yang kurang jeli untuk memanfaatkan ide tersebut. Salah satu contoh ide yang bisa di jadikan bahan tulisan seperti kejadian atau peristiwa yang lagi hot dibicarakan dimedia sosial.

Ide itu ibarat napas kita karena setiap hembusan napas itu pasti ada yang terbayang entah mau itu. Apa lagi kayak saya ini yang hobinya ngabisin bensin motor muter-muter kesana kemari. Tentu saja banyak hal yang kita jumpai dan itu bisa di jadikan bahan untuk menulis.

Memang ide itu itu banyak terdapat disekitar kita hanya saja menurut Daeng bagaimana kepekaan dalam menagkap ide kita. Bagaiman dalam mengembangkan tulisan yang perlu kita lakukan. Tips dari Daeng agar ide itu bisa di tuangkan dan dikembangkan dalam sebuah tulisa perlu di catat ide-ide yang didapatkan. Kalau saya kesaharian selalu membawa buku kecil/buku saku. Nah di buku ini saya membuat atau menulis point-point penting yang kemungkinan gampang terlupakan oleh pikiran saya. Betul sekali dalam video tersebut Daeng memberikan masukan untuk selalu memanfaatkan media yang ada bukan hanya buku smartphone juga bisa di jadikan tempat mencatat ide-ide yang di dapatkan dan nantinya tinggal di cari waktu untuk memulai berselancar dalam merangkai kata-demi kata dari ide yang didapatkan. Saya keseharian dengan aktivitas yang begitu sibuk selau mencari celah untuk meluangkan apa yang sudah saya dapatkan. Biasanya malam hari waktu yang tepat bagi saya untuk memulai berintraksi didepan monitor.

Ketakutaan kan hilangnya ide ini tidak hanya di alami oleh saya akan tetapi ham[ir semua blogger juga mengalamai hal tersebut. Itulah pentingnya membuat catatan kecil mengenai apa yang kita dapatkan.

Tips lanjutan dari Daeng Ipul yaitu dengan memainkan mata kamera. Karena banyak hal menarik yang ada disekitaran kita yang daapat diadikan ide. Misalnya menurut Daeng memotret kemacetan dan-lain lain sebagainya tergantung apa yang kita inginkan. Hsil jepretan ini bisa memanggil ide yang kita alami. Intinya kita harus lebih peka untuk memanfaatkan moment dan ide itu banyak disekitaran kita inilah kata atau pesan terakhir sebelum video ini berakhir.

Inti dari video tersebut tidak ada alasan untuk tidak menulis apalagi mengenai masalah ide saja. Hanya kita saja yang kurang peka dalam mengolah dan menagkap ide. Kalau saya sebagai pemula di dunia blog memanfaatkan atau selalu berkunjung ke tetangga (blog teman) untuk selalu belajar. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua terlebih bagi diri saya.

Advertisements

2 thoughts on “Belajar Menulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s