Mengenal Lebih Dekat dengan Ikan Kerapu Bebek

4-mei-1-intip-manisnya-peluang-budidaya-ikan-kerapu-21

Kerapu Bebek

Kerapu bebek atau dengan nama latinnya (Cromileptes alitivelis). Ada hal yang unik jika kita melihat bentuk dari kerapu ini yaitu kepala yang berukuran kecil dengan moncong agak meruncing. Dikarenakan kepala yang kecil mirip moncong bebek, maka jenis ini popular sebagai kerapu bebek. Namun, ada pula yang menyebutnya sebagai kerapu tikus karena bentuk moncongnya yang meruncing menyerupai moncong tikus. Kerapu ini digolongkan sebagai ikan konsumsi bila bobot tubuhnya telah mencapai 0.5 – 2 kg/ekor. Ikan ini bisa mencapai panjang tubuh 70 cm atau lebih, namun yang dikonsumsi, umumnya berukuran 30-50 cm. kerapu bebek tergolong ikan buas yang memangsa ikan-ikan dan hewan-hewan kecil lainnya. Seperti yang diceritakan oleh pembudidaya bahwa ikan ini merupakan komoditas ikan laut yang bernilai tinggi dipasaran baik lokal maupun internasional dengan harga per kilogramnya mencapai Rp. 700.000.

img_3250

Pak Amat Pembudidaya Ikan Kerapu Bebek

menurut satu kelompok budidaya ikan kerapu yaitu pak Amat menuturkan keunikan yang menyebabkan mahalnya harga ikan kerapu Bebek karena rasanya yang begitu enak dan lezat. Selain itu kandungan nilai gizi yang tinggi. Ikan ini mengandung Omega 3 (salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh) dengan kandungan 200 mg yang mempunyai efek mampu mencerdaskan anak-anak, menyehatkan mata, menurunkan kadar kolesterol tinggi, anti inflamasi dan mencegah penyakit alzheimer. Disamping itu ikan ini juga mengandung asam amino, vitamin B kompleks, taurin dan selenium yang berfungsi membangun jaringan, meningkatkan imunitas tubuh, merawat sistim pencernaan dan antioksidan. Yang perlu kita ketahui bahwa ikan kerapu bebek merupakan ikan yang dilindungi. Akan tetapi ada kebijakan dari pemerintah dengan mengeluarkan intruksi bahwa ikan yang dijual merupakan ikan kerapu yang dibudidayakan.

Ikan kerapu bebek pakan yang digunakan untuk budidaya ikan kerapu ada dua jenis pakan yaitu pakan segar berupa ikan rucah dan pakan buatan berupa pelet. Kenapa pemberian pakan ini di berikan berbeda supaya rasa daging dan pertumbuhan ikan cepat. Pak Amat tidak hanya memberikan ikan yang di potong kecil kecil akan tetapi pelet juga penting, kareana dalam pelet terdapat nutrisi dan berbagai kandungan yagn berguna bagi ikan.

img_3225

Keramba Jaring Apung

Dalam budidaya yang dilakukan kelompok nelayan yang ada di Dusun Gili Genting Desa Sekotong Barat kabupaten Lombok Barat adalah dengan menggunakan keramba jaring apung.

Advertisements

2 thoughts on “Mengenal Lebih Dekat dengan Ikan Kerapu Bebek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s