Wisata ke Gili Kondo

img_2002

Gili Kondo

Lombok merupakan surga yang bocor. Ungkapan ini saya dengar ketika menghadiri kegiatan disebuah hotel yang ada di kota Mataram. Kegiatan yang membahas mengenai pesisir Lombok. Lombok memang terkenal dengan keindahan alamnya, Budayanya hingga keramah tamahan penduduknya.

Kali ini saya mau menulis tentang keindahan alam Lombok Timur Bagian Utara. Lombok Timur memiliki banyak Gili. Kebanyakan orang hanya mengenal Gili Trawangan, Meno dan Air. Tetapi masih banyak gili yang belum terpublikasi hingga ke meja para penikmat keindahan dan para pemburu kedamaian alam atau para adventure.

peta-lokasi-gili-kondo-lombok-timur

Peta Lokasi

Bertempat di desa Padak Guar kec. Sembelia terdapat destinasi yang tidak kalah menariknya dan indahnya dengan tempat yang sudah terkenal. Saking indahnya lokasi ini menjadi prioritas untuk wajib di kunjungi. Destinasi wisata ini adalah GILI KONDO. Ya…Gili Kondo bertempat di selat alas. Selat ini menjadi penghubung antara pulau Lombok dengan pulau Sumbawa. Sebelum kita kelokasi kita bahas dulu arti nama gili ini. seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Nah.. Biar teman-teman semakin sayang dan tetap datang kelokasi. Saya mau kasi tau Kenapa sih namanya Gili Kondo???. Oke saya ceritakan sedikit. Kata gili berarti pulau kecil. Kata kecil ini menujukkan pulau ini lebih kecil dari pulau induk yaitu pulau Lombok. Sedangkan kata Kondo menurut bahasa Sembelia yang berarti burung Bangau. Pada zaman dahulu di daratan gili kondo bayak terdapat burung bangau. Tempat ini menjadi tepat istirahat Favorite nya para burung. Pastinya jika burung senang berkunjung pasti ada yang menarik perhatiannya. Ternyata di tempat ini banyak sekali pepohonan yang tumbuh, makanya banyak burung yang hinggap dan sekedar untuk melepas kepenatan setelah seharian terbang. Lanjutt…. persoalan nama sudah selesai. Mari kita lanjutkan perjalanan.

img_1984

Menyeberang menggunakan Perahu

Perjalanan menuju gili jika dari kota Mataram dapat di tempuh kurang lebih 2-3 jam perjalanan tergantung kondisi jalanan rame atau tidak. Jarak dari mataram ke lokasi penyeberangan sekitar 85 kilometer. Penyeberangan disana cukup banyak dan aman karna dilengkapi dengan sistem keamanan berupa pelampung dan dilengkapi dengan asuransi dari jasa raharja jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Penyeberangan dibuka pagi hari hingga sore jam 17.00 wita. Sesampai di lokasi penyeberangan teman-teman tinggal membeli tiket. Dan siap untuk menyeberang. Perjalanan laut dari lokasi penyeberangan menuju gili sekitar 20 menit.

17

Sumber Photo dari writenreview.blogspot.co.id. Maklum kamera terbatas

 

Apa sih yang ada di gili kondo??? Jika berbicara mengenai Gili kondo kita tidak bisa terlepas dari kata takjub wow.wow.wow….gili ini menawarkan keindahan bawah lautnya. Trumbu karang didaerah tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkungjung, apalagi bagi penggila diving. Selain bawah lautnya. Kondisi daratan yang masih alami, di tumbuhi pepohonan yang masih terjaga kelestariannya. Lokasi nya sepi kerasa pulau ini miliki sendiri.

img_2021

Hamparan pasir yang putih menghiasi daratan gili ini sehingga terlihat indah. Air laut yang jernih bersih menjadi daya tarik buat para pecinta SNORKLING. Di daerah ini sudah ada tempat penyewaan alat –alat Snorkling dengan harga yang relatif murah.

img_1992

1907475_1046842045345822_1234855213903127826_n

Gili kapal (Sumber :Adhy Nat)

Di samping gili kondo, terdapat lokasi yang bisa di jadikan refrensi yaitu Gili Bidara dan Gili Kapal. Gili Kapal memiliki cerita yang unik karena Gili ini akan terlihat ketika air laut surut dan terlihat hamparan yang luas. Walaupun air pasang daratan Gili Kapal masih bisa di kunjungi. Pengunjung tidak perlu khawatir. Tinggi air yang menutupi daratan gili Kapal hanya setinggi kurang lebih 30 Cm.

Oke kita lanjutkan ke pembahasan gili kondo. Gili kondo menjadi pembahasan utama, sebab yang saya kunjungi hanya gili ini saja hahahahahahaha. Menurut kapten perahu yang mengantarkan saya bersama teman-teman menginformasikan bahwa Gili Kondo memiliki 12 hingga 20 titik untuk Snorkling. Selain snorkling gili kondo menyajikan keindahan suasana ketika matahari tenggelam (sunset). Sunset di daerah ini memiliki keindahan dikarenakan seakan akan sang penerang bumi kembali kepangkuan megahnya gunung Rinjani. Jika diantara para pengunjung ingin menikmati malam santai bersama keluarga bisa dengan cara berkemah atau dengan memanfaatkan Berugaq (Bangunan khas suku Sasaq).

Info terakhir buat teman-teman yang ingin berlama-lama atau ingin menginap di Gili Kondo supaya menyiapkan makanan karena  yang berjualan Cuma satu orang dan barang makanan yang di sediakan terbatas. Dan jangan lupa bawa perlengkapan camping. Di lokasi tidak ada tempat penginapan.

img_2000

Selamat menikmati keindahan GILI KONDO sampahnya jangan lupa di bawa ke penyeberangan ya biar tidak mengotori.

Advertisements

9 thoughts on “Wisata ke Gili Kondo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s