Nikmatnya Soto Mula Ngeno

Selamat pagi indonesia

Selamat pagi pulau yang cantiknya ng ketulungan

Selamat pagi juga kampungku yang sudah damai

Tumben hari ini saya berangkat kerja nya telat banget. Maklum sudah dua hari ini keliling Lombok terus, dari Lombok Timur, Tengah hingga ke Lombok Utara dalam rangka persiapan Nonton dan diskusi film Dokumenter yang dibuat oleh kantor tempat aku mencari rizkinya Tuhan. Sudah telat kekantor, sarapan pun tidak disediakan oleh Mama. aduh mama sayang ngee…. Mana perut memberontak terus dari semalam. Apa  boleh buat, segera aku panaskan motor kesayangan ku yang biasa menemani hari-hari sibuk ku.

Pas mau berangkat terpintas dibenakku, bagaimana kalau sarapannya pake soto aja. Di kampungku ada soto yang terkenal banget seantero Lombok. Warung soto ini diberi nama Soto Mule Ngeno (Mule: memang, sedangkan ngeno: begitu). Lokasi nya agak jauh dari pinggir jalan raya. Sekitaran 200 Meter kira-kira jaraknya,  kalau teman-teman mau mampir ke lokasi soto ini tinggal cari dusun Rumbuk, desa Batuyang, Kec. Pringgabaya Lombok Timur. Kalau misalnya bingung mencari lokasinya tinggal tanya saja semua warga tau koc.. dimana lokasinya.

Jarak dari rumahku sekitaran 100 meter ke tempat soto. Tanpa pikir panjang langsung aku tancap gas. Ng apa-apa telat yang penting perut ini terselamatkan. Sampai di lokasi langsung hampiri inaq Sul (Inaq=ibu). Inaq Sul ini merupakan pemilik warung soto, kebetulan anaknya juga teman aku nongkrong. Sotonya yang aku pesan soto daging di tambah telur ayam puyuh.

20161112_144647

Akhirnya kurang dari empat menit, soto yang aku pesan datang. Tanpa banyak kata langsung dinikmati. Soto ini memang sedikit mirip dengan rawon hanya saja bumbu khas kampungku ini yang membedakannya makanya terasa gurih. nih saya kasi tau.. Jangan coba-coba makan soto ini, bisa berbahaya sebab dapat menimbulkan ketagihan dan ngangenin.

Buat teman-teman kalau mau menikmati soto ini tinggal pilih mau pakai lontong atau nasi. Kalau lontong dicampur langsung sedangkan nasi dipisah, tinggal pilih tergantung selera. Kalau mau menambah nikmatnya soto ini di meja ada pilihan krupuk nya ada krupuk kulit dan krupuk khas disana.

Dan akhirnya satu mangkuk soto cukup buat meredam kegaduhan di dalam perut. Aduh hampir lupa menceritakan kondisi di dalam warungnya, biar teman-teman ada gambaran mengenai warung soto ini. Di warung yang lumayan luas ini menyediakan tempat duduk dengan dua pilihan, diantaranya mau lesehan atau duduk santai di lantai atau di berugaq (Berugaq: rumah khas orang suku sasak yang biasa dibuat untuk tempat istirahat atau duduk santai). Suasana di dalam sangat nyaman sepi sangat cocok buat orang-orang yang mau mencari ketenangan, apalagi jauh dari bisingnya kendaraan. Parkiran juga cukup luas di luar warung.

Setelah selesai memanjakan mulut ini aku langsung menuju kasir buat bayar. Harga soto ini murah banget.Sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Buat teman-teman yang kebetulan bingung mau kemana setelah mencicipi gurihnya soto mula ngeno ini. Di kampungku ada lokasi wisata pantai yang gelombangnya cukup tenang nyocok untuk berendam dan memanjjakan diri. Tidak jauh lagi ada juga lokasi wisata semisal, destinasi pohon purba Lian, pantai Pidana, dan Gili Kondo. Jarakanya tidak begitu jauh kira-kira 15 km dari warung Soto. Bisa juga teman-teman selesai berwisata sempatkan diri mampir kelokasi soto.

Advertisements

2 thoughts on “Nikmatnya Soto Mula Ngeno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s