Selamat Hari Guru Buat Sahabatku

14067663_10202112403648097_7028488511437231028_n

Sang Guru Muda Adi Suhasta

Ada yang aneh terlihat sejak pagi hari. Adik-adikku yang masih duduk di bangku SMP dan SD terlihat sibuk. Tumben aku lihat mereka berangkat sebelum matahari keluar dari tempat tidurnya. Ternyata bukan adikku saja yang berangkat kepagian. Anak-anak di kampungku juga semuanya berangkat pagi. Salah satu diantara mereka sambil teriak menayakan persiapan puisi yang akan di bacakan nanti ke temannya. Koc puisi? Ada apasih… tumben juga aku bangun pagi. Ku hampiri anak-anak itu sambil menanyakan kenapa berangkat sekolahnya pagi banget. Dan ternyata hari ini hari Guru. Maaf kan aku atas ketidak tauan ku ini.

Hari guru ini bertepatan pada tanggal dua puluh lima november. Aku langsung teringat bagaimana jasa para pahlawan yang selalu berjuang memberantas kebodohan yang ada di Indonesia ini. memang pantas kata pahlawan itu terucap untuk seorang guru.

Bagaiman ya kabar-kabar Guru-guru SD, SMP, SMA bahkan guru atau dosen yang mengajariku dengan penuh rasa sabar. Koc tiba-tiba jadi kangen gini ya. Aku tidak pernah lupa kan jasa orang-orang yang pernah memberikan aku motivasi bahkan aku jadikan inspirasi dalam hidupku.

Belakangan ini memang jarang aku ketemu sama orang-orang hebat ini. biasanya setiap lebaran atau jika ada kesempatan aku sempakan diri buat silaturahmi baik kerumahnya maupun ke sekolah tempat aku mengenyam pendidikan.

Maaf kan aku pak guru sekarang aku jarang silaturahmi. Tapi doaku selalu ada buat bapak dan ibu guru. Doa itu pantas aku ucapkan selain buat orang tua ku. Sebab guru merupakan orang tua kedua yang selalu bersusah payah buat menuntun agar menjadi anak yang cerdas.

Di hari guru ini aku juga mau mengucapakan terimakasi yang tidak henti-hentinya. Kalian sudah mengantarkan ku ke arah yang lebih baik.

Ucapan spesial buat sahabatku Adi Suhasta Guru Muda

Menjadi seorang guru itu memang tidak begitu mudah. Berbagaimacam watak perilaku kita jumpai di satu lingkungan sekolah. Ada yang keras kepala ada yang bisa diatur, okoknya komplek deh…

Adi Suhasta atau biasa dipanggil Asta merupakan teman dekatku sejak aku pindah dari rumah yang dulu ke tempat yang kira-kira tahun 1997.Dia menyalurkan keilmuannya disalah satu sekolah kejuruan yang ada di tempatku tinggal. Pak guru ini mengajarkan mata pelajaran seni budaya, maklum darah seni mengalir dari Bapaknya. Bapak nya juga pernah mengajar kami waktu SMP.

Sejak kecil dia sudah mulai menampakkan dirinya sebagai seorang seniman. Lukisan-lukisan tokoh kartun favorit kami sering ia gambar, mulai dari gambar si Goku yang ada di film Dragon Ball hingga mengambar wajah orang-orang disekitarnya.

Setelah lulus dari sekolah umum dia melanjutkan pendidikannya kesalah satu Universitas ternama yangt gada di kota yang diberi julukan kota pendidikan atau juga disebut kota tempat orang-orang kreatif berada (Yogyakarta).

Di Universitas tempat iya menimba ilmu, Asta mengabil jurusan pendidikan seni. Udah ku duga dari awal ng‘ bakalan jauh dari yang namanya seni. Tahun demi tahun iya lalu hingga tiba saatnya seorang sarjana seni pulang kekampung halaman. Banyak hal yang dia bagi dari hasil pendirikan yang iaya tempuh.  Mulai dari cara mengambar manual hingga bagaimanacara memainkan software design grafis.

Kebetulan pak guru muda ini punya hobi yang berbeda dengan kami yaitu photografy. bermain dengan benda canggih yang bisa merekam aktiviatsas sehari-hari (kamera) mejadi nilai tambah dalam menularkan keilmuannya.

Dikenal sebagai seorang fotografer membawa namanya semakin dikenal. Tidak sedikit juga yang memesan jasanya untuk mengabadikan moment-moment terpenting misalnya photo perkawinan. Tapi jangan salah ya… dia bukan tukang photo keliling dia juga punya kriteria dan standar kerja yang bisa dijual.

Selain jadi photografer profesional dia juga ahli dalam bidang editig. Makanya disekolah tempat iya mengabdi anak-anak didiknya sering diajarkan cara mengambil gambar hingga ke proses editing. menjadi seorang guru kita harus dituntut sekreatif mungkin.

Semangat mudanya juga ditularkan di komunitas baca yang kami dirikan (Pondok Inspirasi).  Anak-anak dikampung diajarkan menggambar. Bukan hanya ilmu mengambar/melukis yang ia bagi, tapi banyak lagi misalnya cara pemanfaatna bahan-bahan bekas disulap menjadi barang yang bernilai ekonomi. ya bgitulah kalau orang yang punya nilai seni apas ih yang ng bisa dihasikan.

Di hari guru ini aku ingin mengucapkan selamat hari Guru. Jangan pernah berhenti untuk berbagi, jadilah seorang pendidik bukan pengajar. Karena mendidik akan menghasilkan generasi yang cerdas dan berbudi pekerti yang baik. Jadilah pahlawan tanpa tanda jasa yang semangat nya tidak pernah pudar dalam mencerdaskan anak negeri ini.[BM]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s