NgeBlog: Menjalin Pertemanan Dari Dunia Maya Hingga Nyata

Assalamu’alaikum, semangat pagi, bagaimana kabar hari ini. Saya berharap kabar kita semua sehat dan bahagia selalu. Tidak terasa sudah masuk bulan suci ramadhan, saya pribadi mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan bagi yang muslim dan beriman. 

Ngeblog merupakan rutinitas keseharian seseorang yang memiliki hobi beragam dan disalurkan lewat sebuah tulisan. Berbicara tentang blog, tulisan saya kali ini akan menceritakan tentang manfaat ngeblog dilihat dari sudut sosial.

Ngeblog merupakan jalan untuk membangun tali pertemanan. Ada sebuah pertanyaan “apakah bisa blog membangun pertemanan”  pertanyaan semacam ini kerap kali terdengar, apalagi seperti saya ini sebagai seseorang yang baru di dunia blog/blogger pemula.

Oke saya akan jawab sesuai pengalaman yang saya dapatkan dari ngeblog. Menjadi seorang blogger bukan hanya rajin menulis, kemudian di publish begitu saja. Saya yakin jika seperti ini blog kalian akan sepi tanpa pengunjung dan tanpa komentar apa-apa dalam tiap tulisan yang di share. Saya sendiri merasakan hal demikian.

Menurut saya untuk menjalin jaringan atau pertemanan lewat blog dimulai dari sering kalinya kita berselancar ke blog tetangga. Berselancar ke blog tetangga (Blogwalking) tidak sekedar mengunjungi lagi tapi perlu tidakan seperti melepaskan komentar, ngelike dan bahkan ngefollow. Lewat komentar yang kita lepas tetangga blog akan menanggapi apa yang kita ucapkan dalam kolom komentar (harus blog yang aktif).

Komentar yang kita lepas tentunya memiliki aturan dengan memperhatikan etika dan sopan santun. Jadi aturan nya adalah bersikap sopan yang penuh kesantunan. Lepaskan komentar, katakan sesuatu yang baik, apalagi mengomentari isi tulisannya. Tidak jarang kita harus menghargai karya orang lain lewat pujian dan kritikan yang sifatnya membangun yang kita bubuhkan pada kolom komentar walaupun terkadang ada sesuatu hal yang membuat kita sedikit mengalami perbedaan, baik cara padang maupun bagaimana memahami tulisan yang disajikan oleh tetangga blog. Intinya bertetanggalah dengan ramah. Jadi jika kita ramah, pertemanan yang awalnya secara online akan menjadi nyata dan itu sering kali terjadi dan dirasakan oleh para blogger.

Selain Blogwalking perlu adanya komunitas. Komunitas ini selain menambah teman baru juga menambah ilmu baru. Saya sendiri seringkali mengikuti beragam bentuk komunitas Blog. Selain itu, jika ada event atau apalah namanya yang mengumpulkan para blogger, usahakan hadir, sebab moment ini menjadi moment yang paling berharga bagi para blogger untuk saling kenal. yuk gunakan sosial media terutama blog sebagai wadah mencari teman baru [SR]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s